Cara Bijak Bunda Dalam Mengolah Dapur Part 1



Haii Bunda Pintar...
Pastinya semua bunda pengen kan bisa mengolah rumah dengan baik ?? Biar bisa betah dirumah n juga keliahatan lebih indah karena bisa tertata dengan rapi.
Apalagi soal dapur, tempat yang paling sering dikunjungi, tempat untuk menuangkan ide membuat makanan yang lezat dan nikmat. Pastinya pengen donkk buat bisa mengolah dapur dengan sebaik-baiknya biar semakin bisa membuat ide-ide makanan yang unik dan lezat.

Nah, setelah saya baca-baca buku "Menjadi Wanita Yang Luar Biasa (Panduan Wajib Bagi Wanita Cerdas dan Bijak)"  yang ditulis oleh Jeveronica, saya menemukan banyak cara untuk mengolah dapur dengan sebaik-baiknya. Yukk simak cara hebat untuk wanita bijak berikut ini!!

1. Cara Mengawetkan Cabe

Nah bunda dan wanita cerdas lainnya, sekarang gausah bingung lagi kalo beli cabe banyak dan yang kepake' cuma dikit, sekarang ada cara ampuh buat nyimpen cabe biar awet tanpa dimasukkan ke dalam lemari es. Caranya dengan memasukkan cabe kedalam toples/wadah dan diberi garam secukupnya, kemudian tutup rapat-rapat toples/wadah tersebut. Dan dijamin cabe tidak akan membusuk dan akan bertahan lama dalam beberapa minggu. Yukk cobainn!!!

2. Menyimpan Bawang Putih Dengan Baik

Untuk membuat bawang putih menjadi tahan lama adalah dengan cara setelah bawang putih dikupas, masukkan bawang putih kedalam wadah/toples yang sudah diisi dengan minyak hingga terendam. Minyak rendaman tersebut juga bisa digunakan untuk memasak dengan rasa yang lebih lezat.

3. Cara Menyimpan Gula Merah

Gula merah bila dibiarkan lama kelamaan akan menjadi lembek atau meleleh, cara agar gula merah tidak meleleh adalah dengan cara menaruh gula merah tersebut kedalam wadah yang berisi beras. Maka gula merah tidak akan menjadi lembek, bahkan lama kelamaan gula merah akan menjadi semakin keras dan bagus.

4. Menyimpan Potongan Jeruk Nipis Yang Tersisa

Seringkali kita menggunakan jeruk nipis hanya setengahnya, dan setengahnya  lagi ?? Nah jangan buru-buru dibuang yah sisanya, masih bisa dipakek kok. Agar jeruk nipis bisa segar tanpa masuk ke dalam lemari es adalah dengan cara taruh potongan jeruk nipis diatas piring kecil, kemudian letakkan bagian yang sudah teriris tersebut menghadap/menempel pada piring, lalu isi piring tersebut dengan air dingi. Cara sederhana tersebut akan membuat jeruk nipis tetap segar sampai keesokan harinya.

5. Membuat Kemiri Lebih Tahan Lama

Kemiri jika disimpan terlalu lama biasanya akan menjadi berlubang dan kemudian akan hancur. Cara agar kemiri bisa tetap utuh adalah cara pertama: rendam kemiri dalam botol yang tidak berkarat yang sudah diisi minyak kelapa secukupnya. Cara Kedua adalah dengan menggoreng kemiri kemudian dinginkan, lalu simpan kedalam wadah yang tertutup. Kemiri akan awet dan lebih lezat untuk bumbu masakan.

6. Menyimpan Ketumbar

Ketumbar biasanya akan menimbulkan bau apek jika dibiarkan terlalu lama, cara agar ketumbar bisa awet dan tidak apek adalah cuci bersih ketumbar, kemudian tiriskan dan sangrai tanpa minyak, setelah dingin simpan ketumbar dalam wadah yang tertutup rapat. Selain tahan lama, ketumbar juga akan lebih mudah untuk dihaluskan dan lebih lezat rasanya.

Nah gimana bunda ?? mau nyobain cara-cara diatas untuk bisa mengolah dapur dengan baik??
Tunggu cara-cara bijak dan cerdas lain berikutnya yah bund !!!
Cara Bijak Bunda Dalam Mengolah Dapur Part 1 Cara Bijak Bunda Dalam Mengolah Dapur Part 1 Reviewed by Liyliy Lailiyyah on 6:12 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.